Bandung, 12 Desember 2024
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jawa Barat
berkomitmen untuk terus melakukan kolaborasi dan sinergi dengan seluruh
pemangku kepentingan, termasuk media massa. Komitmen ini terlihat dengan
dilaksanakannya kegiatan journalist class dan media gathering pada tanggal 12 s.d. 13
Desember 2024 bertempat di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Peserta
kegiatan berjumlah 38 orang yang berasal dari perwakilan wartawan media cetak,
online, radio dan televisi di kawasan Provinsi Jawa Barat.
Kegiatan dimaksud merupakan agenda rutin OJK Provinsi Jawa Barat yang bertujuan
untuk mendiseminasi informasi strategis OJK kepada masyarakat, baik terkait
regulasi, kinerja sektor jasa keuangan maupun program peningkatan literasi keuangan
masyarakat.
Kepala OJK Provinsi Jawa Barat Imansyah dalam kesempatan tersebut menyampaikan
beberapa isu strategis terkait kinerja lembaga jasa keuangan di Provinsi Jawa Barat
serta prospek perekonomian Provinsi Jawa Barat tahun 2025.
“Jawa Barat adalah provinsi dengan potensi ekonomi yang sangat besar. Namun,
keberhasilan mengakselerasi perekonomian daerah ini tidak bisa dicapai oleh satu
pihak saja. Diperlukan kolaborasi erat antara pemerintah, sektor jasa keuangan,
pelaku usaha, media massa dan masyarakat untuk mewujudkan ekonomi Jawa Barat
yang inklusif, berdaya saing, dan berkelanjutan”, kata Imansyah.
Sebagai rangkaian dari kegiatan dimaksud, dilaksanakan pula kegiatan journalist
class. Journalist class bertujuan untuk meningkatkan pemahaman wartawan media
massa tentang sektor jasa keuangan. Sehingga, berita yang ditulis akurat dan tidak
menimbulkan mispersepsi di masyarakat.
Dalam rangka meningkatkan dan menjaga hubungan baik OJK dengan media massa
yang sudah terjalin selama ini, dilaksanakan pula kegiatan media gathering dan
capacity building. Pada kegiatan dimaksud dihadirkan pembicara peraih The Best
Inspiring Motivational Speaker Parlindungan Marpaung yang menyampaikan
pentingnya kolaborasi yang berkelanjutan antara OJK dan media massa.
Melalui pelaksanaan kegiatan ini diharapkan sinergi dan kolaborasi OJK dengan media
massa dapat terus terlaksana dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi
OJK. OJK juga mendorong peran aktif media massa sebagai agen literasi keuangan
masyarakat. Masyarakat yang terliterasi akan mampu menggunakan produk dan
layanan jasa keuangan dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraannya.
Masyarakat sejahtera akan mewujudkan pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.